Langsung ke konten utama

Postingan

Assigment2_EtikaBisnis_Budaya Organisasi dan Perusahaan, Hubungan Budaya dan Etika, Kendala Dalam Mewujudkan Kinerja Bisnis Etis pada PT MEGARSARI MAKMUR

ASSIGMENT : Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat ini, etika bisnis merupakan sebuah harga mati, yang tidak dapat ditawar lagi. Dalam zaman keterbukaan dan luasnya  informasi  saat ini, baik-buruknya sebuah dunia usaha dapat tersebar dengan cepat dan luas. Memposisikan karyawan, konsumen, pemasok, pemodal dan masyarakat umum secara etis dan jujur adalah satu-satunya cara supaya dapat bertahan di dalam dunia bisnis saat ini. Ketatnya persaingan bisnis menyebabkan beberapa pelaku bisnisnya kurang memperhatikan etika dalam bisnis. Etika bisnis mempengaruhi tingkat kepercayaan atau  trust  dari masing-masing elemen dalam lingkaran bisnis. Pemasok ( supplier), perusahaan, dan konsumen, adalah elemen yang saling mempengaruhi. Masing-masing elemen tersebut harus menjaga etika, sehingga kepercayaan yang menjadi prinsip kerja dapat terjaga dengan baik. Etika berbisnis ini bisa dilakukan dalam segala aspek. Saling menjaga kepercayaan dalam kerjasama akan b...

Task 2_Etika Bisnis_Kajian Teori

BAB V Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Etika dalam Pasar Kompetitif 1.      Pengertian persaingan sempurna, monopoli dan oligopoli Pengertian pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Bentuk – bentuk struktur pasar : A.  Pasar persaingan sempurna Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/tidak terbatas, adapun pasar persaingan sempurna memiliki ciri – ciri . Ciri – ciri pasar sempurna : a.        Jumlah penjual dan pembeli yang banyak. b.        Produk yang di perdag...

ASSIGMENT1

 Prinsip atau nilai-nilai etika bisnis yang dilakukan reseller fashion adalah: 1) Kejujuran, yang tercermin dalam pemberian informasi tentang produk sesuai dengan kondisi foto. 2) Tanggung Jawab, yang tercermin dalam dengan menepati janji, dan memberitahu ketika terjadi perubahan. Mengirimkan produk sesuai transaksi yang dilakukan sampai ke tangan konsumen, dan sebisa mungkin menyelesaikan komplain yang ada. 3) Bersaing secara sehat, yang tercermin dalam menghargai pesaing, menjaga hubungan baik dengan para kompetiter selama masih dalam batas-batas etika dalam bisnis. 4) Ramah, tercermin dalam tindakan melakukan interaksi dengan konsumen, dan ramah dalam menanggapi setiap pertanyaan konsumen terkait dengan produk yang dijual 5) Responsif, tercermin dalam penyediaan waktu untuk konsumen, menjawab setiap keingintahuan konsumen atas suatu produk yang dipromosikan dengan keramahan. 6) Peduli dengan Pelanggan, yang tercermin dalam tidak adanya pemaksaa...

TASK1

BAB I DEFINISI ETIKABISNIS SEBAGAI SEBUAH PROFESI 1. Hakekat Mata Kuliah Etik Bisnis      1. Menanamkan Atau Meningkatkan Kesadaran Akan Adanya Dimensi Etis Dalam Bisnis. Menanamkan, jika sebelumnya kesadaran itu tidak ada. Meningkatkan, jika sebelumnya kesadaran itu sudah ada, tetapi masih lemah dan tercampur keraguan. Orang yang mendalami etika bisnis diharapkan akan memperoleh keyakinan bahwa etika merupakan segi nyata dari kegiatan ekonomis yang perlu diberikan perhatian serius. atau sebagaimana akan dirumuskan lagi dalam buku ini good business bukan saja berarti bisnis yang membawa untung banyak, melainkan juga dan terutama bisnis yang berkualitas etis. Tujuan utama ini paling penting dan perlu dicapai sepenuhnya. 2. Memperkenalkan Argumentasi Moral Khususnya Dibidang Ekonomi Dan Bisnis, Serta Membantu Pebisnis ( Atau calon Pebinis ) Dalam Menyusun Argumentasi Moral Yang Tepat. Melalui studi etika bisnis diharapkan pelaku bisnis akan sanggup menemukan fundam...